Cara Melacak Nomor HP Penipu serta Menghindari Kehilangan Uang

MEDIA POPULER

Cara Melacak Nomor HP Penipu
Cara Melacak Nomor HP Penipu serta Menghindari Kehilangan Uang. (Foto: Pixabay)

MEDIAPOPULER.com – Tindak kejahatan online bermodus menggunakan nomor Hp, pelaku memanfaatkan nomor telpon palsu atau nomor yang udah dibeli di online oleh pelaku.

Kebanyakan, nomor HP penipu digunakan untuk meminta data personal seperti nomor kartu credit, kode account, dan sebagainya. Mereka pun memanfaatkan nomor telpon aspal untuk mentransfer sejumlah uang atau memberinya data palsu kepada korban.

Bagaimana Cara Melacak Nomor HP Penipu?

Ada beberapa cara untuk melacak nomor HP penipu serta menghindari kehilangan uang.

Ini adalah cara-caranya:

1. Cari di Mesin Pencari

Manfaatkan mesin telusur seperti Google. Cukup tuliskan nomor HP Penipu serta perhatikan nomor tersebut, adakah laporan penipuan berkaitan nomor itu. Ada sejumlah website yang menyiapkan database nomor telpon penipu.

2. Gunakan Aplikasi Playstore / iOS Pelacakan Nomor Telpon

Aplikasi seperti Truecaller serta GetContact menyediakan pelayanan pelacakan nomor telpon. kamu bisa cari nomor telpon penipu di aplikasi itu serta lihat adakah laporan penipuan berkaitan nomor tersebut.

3. Menyampaikan Nomor HP Penipu

Kamu bisa melaporkan nomor HP penipu ke faksi berotoritas Kepolisian atau Tim Cyber. Dengan menyampaikan nomor telpon penipu, kamu bisa membantu banyak orang supaya tidak menjadi korban penipuan.

4. Memanfaatkan Terapan Penjelajah Nomor Telpon

Ada sejumlah terapan penjelajah nomor telpon yang bisa menolong kamu dengan cara melacak nomor telepon penipu. Gunakan Truecaller / Get Contact menandai bahwa itu adalah nomor Hp penipu.

Bagaimana Menghindari Kehilangan Uang Gara-gara Penipuan Nomor HP?

Ini adalah cara untuk menghindari kehilangan uang gara-gara penipuan nomor HP:
  1. Jangan memberikan data personal seperti nomor kartu credit, kode account, dan sebagainya pada nomor HP yang tidak dikenal.
  2. Perhatikan nomor telpon itu asal dari organisasi ataupun perusahaan yang resmi.
  3. Jangan buru-buru buat memberinya data personal atau mentransfer uang apabila ada, itu tanda-tandanya penipuan.

Mudah-mudahan artikel ini berfaedah serta bisa membantu kamu melacak nomor pelaku penipu dengan mudah serta efisien. Terima kasih udah membaca!

Dapatkan update media berita pilhan lainnya dari MEDIAPOPULER.com silahkan kunjungi  Google News untuk melihat informasi lainnya.

REKOMENDASI